Majelis Kajian Bulughul Maram, Kitabul Jami’ Kitab Bulughul Maram min Aqidatil Ahkam Bab Peringatan dari Akhlaq-Akhlaq yang Buruk.

Majelis Kajian Bulughul Maram,
Kitabul Jami’ Kitab Bulughul Maram min Aqidatil Ahkam Bab Peringatan dari Akhlaq-Akhlaq yang Buruk.

🎙️Ust.Luqman Irfangianta BA, Senin 08 Januari 2021.
Dari abu Hurairah Radhiyallahu Anhu, Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam bersabda:
“Janganlah kalian saling hasad,jgnlah kalian saling najasy,jgnlah kalian saling benci,janganlah kalian saling berpaling, jgnlah seseorang kalian menzhalimi saudara sesama muslim/dengan membeli diatas pembelian saudaranya;menyerobot transaksi. Jadilah hamba hamba Allah yg bersaudara. Seseorang muslim adalah saudara bagi muslim lainnya. Tidak boleh bia menzhalimi nya, tidak boleh menelantarkannya,dan tidak boleh menghinakannya. Takwa itu letaknya disini. Beliau mengisyaratkan ke dadanya tiga kali.cukuplah seorang itu disebut jahat apabila ia menghina saudaranya sesama muslim. Setiap muslim thd muslim lainnya haram darahnya,hartanya dan kehormatannya.” (HR.Muslim).

Najasy: seorang menawar harga yg lebih tinggi tapi dengan niat tidak membeli, tapi untuk merugikan pembeli atau untuk memberikan manfaat bagi penjual dengn meninggikan harga. Jika pembeli mengetahui ada rekayasa jual beli spt ini maka pembeli mempunyai hak khiyar;yakni membatalkan transaksi nya.

🖊️Bolehnya berdusta untuk mendamaikan sesama muslim yg berselisih, untuk menjaga agar tidak saling membenci.

Saling membenci yg disyariatkan; Membenci karena Allah,benci karena melihat saudaranya melakukan maksiyat kepada Allah, dan sudah diperingatkan diberi nasihat namun tetap bermaksiyat. Hal ini tidak termasuk larangan dalam hadits ini.

🖊️berpaling dengan memalingkan wajah. Yakni tidak mengajak bicara/ Hajr/boikot. Boleh memboikot hanya waktu untuk 3 hari jika ada suatu permasalahan. Bila lebih dr itu adalah haram. Yg paling baik diantara keduanya adalah yg mau mengucapkan salam pertama kali. Ini adalah anjuran untuk menyambung ukhuwwah lagi setelah terputus.

Hajr/boikot terkadang boleh lebih dari 3 hari jika ada maslahat. Contoh orang bermaksiyat sdh dinasehati namun tetap saja bermaksiyat maka boleh di boikot sampai ia kembali.

Dalil: kisah 3 sahabat yg tertinggal dari perang Tabuk. Dan diboikot Nabi dan sahabat selama 50 hari. Kemudian Allah menerima Taubat mereka.
Dibolehkan juga hajr kpd ahli bid’ah dan orang yg menyeru kepada hawa nafsu, dan orang orang yg mempunyai pemikiran sesat. HAJR dilakukan jika ada Maslahat jika tidak ada faidah/maslahat maka tidak dilakukan. Dilakukan jika posisi kita kuat. Jika posisi kita lemah maka ditempuh cara lainnya.

🖊️Jual beli najasy bisa merugikan penjual,bisa merugikan pembeli. Ada penjual yg menawarkan barang yg sama dengan harga lebih rendah dr penjual pertama. Sehingga pembeli berpindah padahal sdh terjadi kesepatakan transaksi. Atau harga sama namun kualitas barang lebih bagus. Maka hal ini bisa mendatangkan kebencian.

🖊️jika kita meninggalkan larangan larangan di awal hadits ini, maka kita akan menjadi orang yg bersaudara
🖊️jika kita tidak bisa memberikan kebaikan kepada saudara kita,maka hendaknya kita tidak mendhalimi nya.
🖊️al khudzla; melihat saudaranya di dhalimi dan kita punya kemampuan untuk menolongnya namun itu tidak dilakukan ini adalah makna ولا يخذله Wala Yakhdzuluhu; tidak boleh menelantarkannya.
🖊️jika melihat saudara kita didzalimi maka kita tolong semampu kita.
🖊️meremehkan saudaranya sesama muslim adalah salah satu bentuk kesombongan. Seorang merasa lebih tinggi,lebih senior kmd meremehkan orang lain maka ini tidak boleh.
🖊️ Taqwa asalnya ada di dalam hati

كتبه: ابو احمس الاثرى
Ditulis oleh Abu Ahmas Husni

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *